Journal article Open Access

Pemodalan Dana Melalui Venture Capital

dedi

Pengenalan Perusahaan Venture Capital!

Venture Capital adalah pendanaan yang diberikan oleh investor kepada pengusaha startup dan pelaku bisnis skala kecil, dimana potensinya memiliki jangka waktu yang cukup panjang. Venture Capital umumnya dipinmpin oleh investor kaya, bank penyedia investasi, dan institusi keuangan lainnya. Dana yang mereka punya rata-rata dari tabungan pribadi yang sudah memasuki masa pensium atau warisan keluarga yang menggelimpah. Pengenalan Venture Capital di dalam dunia teknologi erat kaitannya dengan pelayanan, setiap calon pengusaha yang akan  menerima dana wajib untuk melayani dengan system (Enterprise System). Bila kita lihat, orang terkadang menganggap bahwa Venture Capital selalu beruhubungan dengan uang, namun nyatanya tidak harus selalu berbentuk uang, tetapi juga dalam bentuk keahlian manajerial atau teknis dan support. Investasi ini lebih beresiko pada investor, namun iming-iming keuntungan besar di masa depan memang sangat menarik untuk bisa bersaing dengan perusahaan lain. Investasi model Venture adalah metode yang sangat populer di perusahaan yang masih berdiri kurang dari 1-3 tahun. Investasi jenis ini bahkan sangat penting untuk meningkatkan modal pengeluaran, terutama jika perusahaan tersebut memiliki akses terbatas ke pasar modal(index), pinjaman modal(Utang), atau instrument lainnya. Salah satu kekurangan terbesar dalam Venture Capital untuk investor adalah ekuitas yang akan didapatkan berada di tangan perusahaan tertinggi.

2 Hal Yang Menentukan Venture Capital Mendapat Keuntungan!

Management fee Adalah biaya operasional yang harus diberikan oleh para limited partner (LP) di awal investasi dan biaya ini tidak bisa ditarik kembali oleh para LP. Besar management fee yang harus dibayarkan oleh LP antara 2 hingga 3 persen dari total investasi. Sebagi contoh, sebuah venture capital A mendapat investasi sebesar 200 miliar yang harus dikembalikan dalam jangka waktu 4 tahun. Apabila venture capital A membebankan management fee sebesar 2%, maka mereka akan mendapatkan biaya operasional sebesar 4 miliar atau 1 miliar per tahunnya.

Carried Interest Adalah biaya yang dibebankan venture capital kepada para investor untuk setiap keuntungan dari investasi yang mereka lakukan. Besar carried interest ini biasanya sekitar 20-30 persen. Sebagai contoh, sebuah venture capital A menginvestasikan dana sebesar 20 miliar untuk kepemilikan saham 20% di startup B. Apabila dalam 4 tahun startup tersebut diakuisisi oleh startup lain dengan nilai 250 miliar, maka nilai saham venture capital A akan naik menjadi 50 miliar. Selisih antara nilai saat akuisisi (50 miliar) dan nilai investasi awal (20 miliar) yang berjumlah 30 miliar tersebut akan dinilai sebagai keuntungan investasi. Apabila venture capital A membebankan carried interest sebesar 20% dari keuntungan invetasi tersebut, maka mereka akan mendapatkan dana sebesar 6 miliar.

Untuk mendapatkan modal dana dari perusahaan venture capital, anda harus bisa mendirikan suatu startup.
Files (45.4 kB)
Name Size
1.png
md5:67e34be694a5ca0e44e843b438c64eda
45.4 kB Download
25
0
views
downloads
All versions This version
Views 2525
Downloads 00
Data volume 0 Bytes0 Bytes
Unique views 1818
Unique downloads 00

Share

Cite as