Journal article Open Access

Pengertian Nikah Siri dan Serba-Serbinya di Indonesia

Dosen SEO

Nikah siri sering jadi bahan pembicaraan warga yang tidak sempat ada habisnya. Pasalnya penilaian warga berbeda mengenai nikah siri. Ada yang menganggap positif dan ada yang negatif alias ada yang kontra dan pro.

Penilaian yang terdiri dua ini didasari oleh pertimbangan warga yang memandang jika nikah siri ini dapat bikin rugi banyak faksi. Tetapi ada pula yang mempunyai pertimbangan jika nikah siri ini dapat menahan berlangsungnya beberapa hal yang tidak diharapkan seperti hamil di luar pernikahan.

 

Pengertian Nikah Siri

Pernikahan jadi peristiwa berbahagia yang tidak terlewatkan untuk banyak pasangan. Di Indonesia, pernikahan harus sah di mata negara dan agama. Pernikahan yang sah di mata negara sudah tentu pernikahan yang terdaftar di Kantor Masalah Agama (KUA) dan Kantor Catatan Sipil. Sementara nama nikah siri ialah pernikahan yang syah secara agama tetapi tidak syah di mata hukum dan negara.

Nikah siri sendiri datang dari bahasa Arab yaitu sirri yang ini berarti rahasia. Maka dapat disimpulkan jika pernikahan yang sudah dilakukan ini harus secara rahasia. Rahasia di sini tujuannya bukan tidak dikenali oleh beberapa orang, tetapi cuman dijumpai oleh keluarga dan famili dekat.

 

Hukum Nikah Siri di Indonesia

Di Indonesia, cukup banyak orang yang lakukan nikah siri. Oleh karenanya, ada ketentuan hukum yang atur mengenai nikah siri di Indoensia ini. Menurut situs Jasa Nikah Siri Yogyakarta, hukum pernikahan ditata dalam Undang-undang Perkawinan No. 1 Tahun 1974 Pasal 2 yang mengeluarkan bunyi seperti berikut:

  • Perkawinan ialah syah jika dilaksanakan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu.
  • Tiap-tiap perkawinan dicatat menurut perundang-undangan yang berjalan.

Dari undang-undang di atas, sebetulnya, nikah siri dipastikan syah berdasarkan agama, tetapi tidak syah di mata negara karena tidak ada akte nikah dan beberapa surat sah yang berkaitan validitas pernikahan.

 

Dampak Nikah Siri

Nikah siri sebetulnya ialah hal yang tidak disarankan oleh dilaksanakan pasangan yang bakal menikah. Menikah dengan cara sah di mata agama dan hukum pasti akan baik. Beberapa ini ialah imbas yang bakal didapat bila lakukan nikah siri, yakni:

  • Menjadi pembicaraan orang.
  • Status anak yang tidak dianggap negara bahka dipandang seperti anak yang terlahir di luar pernikahan.
  • Ikatan yang tidak kuat karena tidak terdaftar sah di KUA.
  • Tidak dapat terima peninggalan atau harga gono begini.

 

Faktor Pemicu Nikah Siri di Indonesia

Sehubungan nikah siri di Indonesia ini ada banyak yang melakukan, karena itu Anda harus tahu faktor-faktor pemicu nikah siri di Indonesia, diantaranya yakni:

 

  • Nikah Siri Kebanyakan Berlatar Ekonomi

Umumnya warga Indonesia yang lakukan nikah siri ini dengan argumen ekonomi. Untuk menikah dengan cara resmi dan dianggap oleh negara, bakal ada bujet yang penting dipersiapkan walau cuman beberapa ratus ribu saja. Tetapi persoalan khusus ialah dari sisi perpisahannya.

Pernikahan siri tidak memerlukan proses perpisahan yang lumayan panjang. Beda hal dengan pernikahan yang syah di mata hukum karena harus lewat proses perpisahan di pengadilan agama dan tentunya akan kuras isi kantong.

 

  • Dijadikan Sebagai Cara untuk Menikahi Anak di Bawah Umur

Nikah siri seringkali dijadikan langkah untuk menikah dengan anak di bawah usia. Di Indonesia, bukti menikah dengan anak di bawah usia telah banyak terjadi dan umumnya melakukan dengan nikah siri.

Penting diingat jika batasan umur minimum seorang bisa menikah menurut Pasal 7 ayat (1) Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 mengenai Peralihan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 mengenai Perkawinan (UU 16/2019). Atur jika perkawinan cuman dibolehkan bila faksi lelaki dan wanita telah capai usia 19 tahun.

Jadi jika umurnya masih di bawah 19 tahun, jadi tidak dapat mendaftar pernikahan dengan cara resmi di KUA. Ditambahkan lagi, bila umurnya masih di bawah 21 tahun atau berumur 19 tahun dan 20 tahun, karena itu harus ada ijin dari ke-2 orangtua agar dapat mengadakan pernikahan dengan cara resmi di KUA.

Sehubungan tidak dapat mengadakan pernikahan dengan cara resmi di KUA, karena itu orang yang menikah dengan anak di bawah umur 19 tahun akan memutuskan untuk menikah dengan siri. Disini letak nikah siri banyak disalahpergunakan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggungjawab.

 

Dampak Negatif Nikah Sirih di Indonesia

Walau nikah siri dipandang syah berdasarkan agama, tetapi rupanya ada imbas negatif yang dapat diakibatkan. Menurut riset Sri Hilmi Pujiharti dalam jurnalnya yang dengan judul "Peristiwa Nikah Siri di Kelompok Mahasiswa dan Efeknya pada Wanita", ada beberapa kerugian dari nikah siri dan rugi itu semakin banyak dirasakan oleh wanita.

Selain tidak sesuai hukum pernikahan di Indonesia, nikah sirih dapat bawa imbas negatif berikut di bawah ini:

  1. Pihak wanita tidak dapat menuntut hak-hak sebagai istri yang sudah dilanggar oleh suami karena tidak ada kemampuan yang syah di mata hukum pada validitas perkawinan. Efeknya posisi istri tidak kuat di mata hukum bila suami tidak memberikan nafkah atau lakukan tindak KDRT.
  2. Anak yang paling dirugikan saat orang-tua lakukan nikah siri karena akte kelahiran, KTP, paspor, sampai kartu keluarga tidak dapat dibikin. Hal tersebut karena tidak terdapat bukti pernikahan yang syah di mata hukum berbentuk buku nikah atau akte nikah.
  3. Nikah siri condong membuat salah satunya pasangan lebih bebas untuk tinggalkan tanggung jawabannya dalam keluarga.
  4. Terjadi jumlahnya tindakan kekerasan dalam rumah tangga, baik pada istri atau anak.
  5. Nikah siri bisa memengaruhi perubahan psikis anak dan istri.

 

Itulah sekilas mengenai pengertian nikah siri dan serba-serbinya di Indonesia. Tetapi seharusnya pernikahan siri ini dijauhi ya. Lakukan pernikahan yang syah di mata hukum dan agama.

Nikah siri sendiri datang dari bahasa Arab yaitu sirri yang ini berarti rahasia. Maka dapat disimpulkan jika pernikahan yang sudah dilakukan ini harus secara rahasia.
Files (15.0 kB)
Name Size
pengertian-nikah-siri.jpg
md5:c26133576dbc48ba5da3e1da7e590c01
15.0 kB Download
10
0
views
downloads
All versions This version
Views 1010
Downloads 00
Data volume 0 Bytes0 Bytes
Unique views 88
Unique downloads 00

Share

Cite as